Minggu, 01 Februari 2009

PDAM TIRTA SIAK Mampu Menghasilkan Air Bersih dan Jernih

Memproduksi dan mendistribusi-kan air bersih yang berkualitas, secara cukup dan terus menerus adalah misi PDAM Tirta Siak. Komitmen ini terus dipertahankan sehingga apapun kondisinya, pelayanan kepada pelanggan terus dan akan terus berjalan.

Air adalah sumber kehidupan dan manusia tidak bisa hidup tanpa air. Filosofi tersebut menjadi pegangan PDAM Tirta Siak dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Meskipun banyak mengalami hambatan dan kendala, tugas memproduksi air dan kemudian mengantarkannya kepada pelanggan tidak pernah berhenti. Sistem operasi produksi dan sekaligus distribusinya terus menerus 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu dan tidak mengenal libur!.



PDAM Tirta Siak menjadi salah satu gantungan harapan masyarakat kota Pekanbaru dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Air bersih merupakan kebutuhan dasar yang selalu diperlukan setiap saat. Mulai dari kebutuhan dasar untuk mandi, mencuci dan memasak. Sampai kepada kebutuhan sekunder untuk menyiram tanaman dan mencuci kendaraan. Semuanya memerlukan air yang cukup, bersih dan selalu ada. Tidak dapat dibayangkan betapa sulitnya beraktifitas jika air tidak ada.

SISTEM PRODUKSI AIR
Sistem pengolahan air PDAM Tirta Siak merupakan instalasi pengolahan lengkap yang mampu menghasilkan air bersih sesuai standar yang berlaku. Keandalan alat pengolahan ini sudah terbukti dapat menghasilkan air yang bersih dan jernih.

Kapasitas
disain instalasi pengolahan air yang dimiliki PDAM Tirta Siak saat ini mampu mengolah air sampai 620 l/d. Kapasitas tersebut dapat digunakan melayani kebutuhan pelanggan 40.000 sambungan. Dan sampai bulan Januari 2009 ini pelanggan PDAM baru mencapai 18.200 sambungan sehingga PDAM hanya berproduksi pada kapasitas 300-400 l/d saja.


SISTEM DISTRIBUSI AIR
Jaringan perpipaan PDAM sudah ada sepanjang 360.000 meter dengan berbagai ukuran. Kawasannya meliputi batas Jl. Sekolah Rumbai disebelah utara, Sungai Sail disebelah timur, Bandara SSK II disebelah selatan dan Jl. SM Amin disebelah barat. Melalui program investasi, sebagian besar jaringan perpipaan utama sudah diganti dengan yang baru.

Awal bulan Januari 2009 ini, investasi terus dilanjutkan dengan pekerjaan pemasangan pipa induk transmisi ukuran 600 mm dari Tampan menuju pusat kota. Dengan demikian keandalan sistem distribusi air sudah semakin meningkat dan mampu mengantarkan air kesemua pelanggan dengan volume lebih besar dan tekanan kuat.


SISTEM PELAYANAN
Guna mendukung pelayanan yang cepat, tepat dan akurat, layanan administrasi PDAM Tirta Siak sudah menggunakan program komputerisasi. Ada program Customer Information System (CIS) untuk mengelola data pelanggan beserta rekeningnya. Ada program Geographycal Information System (GIS) untuk mengelola gambar jaringan perpipaan sampai untuk mengetahui lokasi setiap pelanggan.


MANAJEMEN DAN SDM
PDAM Tirta Siak terus berbenah diri. Manajemen dan SDM PDAM Tirta Siak memegang peran kunci dari setiap langkah maju yang direncanakan. SDM yang handal, tangguh, berpengalaman dan terpercaya adalah syarat yang tidak bisa ditawar. Pelayanan yang ramah, hangat dan bersahabat harus diterapkan menjadi standar. PDAM Tirta Siak harus diselamatkan demi ribuan pelanggan yang telah setia menunggu lama untuk pelayanan PDAM yang lebih baik. Misi inilah yang menjadi langkah berikut manajemen mewujudkan PDAM Tirta Siak yang bersih, jernih dan modern.(@)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Selamat Malam.
Pipa air di Jl. Teratai ( Pasar Kodim) pecah karena terkena galian drainase yg dikerjakan pada Jumat (25 Sep.2015) malam.
Akibatnya rumah warga di Pasar Kodim tidak dialiri oleh air dari PDAM.
Hingga saat ini (Minggu, 27 Sep.2015 jam 22.30), tidak tampak petugas dari PDAM yang melakukan perbaikan.
Sampai kapan kami harus mengungsi mandi? Telah berapa m3 air bersih yg terbuang percuma di parit?
Mohon segera diperbaiki.
Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Air pam di jl.pangeran hidayat gg.suri teladan sudah beberapa hari mati. Lapan akan dihidupkan. Terimakasih.

Unknown mengatakan...

Air pam di jl.pangeran hidayat gg.suri teladan sudah beberapa hari mati. Lapan akan dihidupkan. Terimakasih.