Kamis, 05 Maret 2009

TARIF AIR PDAM HANYA Rp.1,6/LITER


Meskipun tidak ada penyesuaian tarif selama 10 tahun, namun tarif PDAM Tirta Siak hanya direkomendasikan naik maksimum 50%. Berapa harga sebenarnya air bersih PDAM Tirta Siak?. Dan berapa banyaknya volume air 1 M3 (meter kubik) itu ?. Mahal atau justru sangat murah ?.

Penambahan Sub Kelompok Pelanggan
Ada perubahan pengelompokkan pelanggan dalam usulan tarif PDAM Tirta Siak yang baru. Kelompok pelanggan rumah tangga yang sebelumnya hanya 2 sub kelompok, berubah menjadi 4 sub kelompok. Yaitu sub kelompok rumah tangga A, rumah tangga B, rumah tangga C dan rumah tangga D. Disini yang dipecah adalah sub kelompok rumah tangga B menjadi sub kelompok rumah tangga C dan rumah tangga D.

Pemecahan sub kelompok ini bertujuan untuk menyesuaikan terjadinya subsidi silang antar kelompok pelanggan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 23 Tahun 2006 tentang Pedoman Teknis dan Tata Cara Pengaturan Tarif Air Minum pada PDAM. Dengan adanya subsidi silang maka nilai kenaikan tarif yang besar dapat dihindarkan.

Perubahan Blok Konsumsi
Disamping penambahan sub kelompok pelanggan, pada usulan tarif juga terjadi perubahan besaran konsumsi pada blok konsumsi. Pada tarif sebelumnya batasan blok konsumsi adalah kelipatan 15 M3, tetapi pada tarif yang baru blok konsumsi adalah sampai 10 M3, 11-20 M3, 21-30 M3 dan diatas 30 M3. Nilai 10 M3 pada blok pertama adalah konsumsi 1 keluarga untuk memenuhi kebutuhan dasar penggunaan air bersih selama 1 bulan masih dikenakan tarif yang rendah (subsidi) karena tarifnya lebih rendah dari biaya produksi. Kebutuhan dasar setiap orang adalah sebesar 60 liter/orang/hari dan setiap keluarga terdiri dari 5 orang, sehingga kebutuhan sebulan sebesar 9.300 liter atau 9,3 M3. Kebutuhan dasar meliputi mandi, cuci, kakus dan memasak.

Akan tetapi seiring dengan meningkatnya konsumsi, tarif air juga meningkat untuk menutupi kekurangan biaya pada blok dibawahnya. Disamping itu konsumsi yang melebihi kebutuhan dasar, subsidinya juga semakin dikurangi. Sehingga semakin besar konsumsi, harganya semakin tinggi.

Harga Tarif Air PDAM Hanya Rp.1,6/Liter
Jika ditelaah lebih dalam, maka sesungguhnya harga air PDAM sangatlah murah. Karena satuan volume yang digunakan adalah M3 (meter kubik). Dimana 1 M3 sama dengan 1.000 (seribu) liter, sehingga jika tarif air naik menjadi Rp.1.600/M3, maka sesungguhnya harga perliternya hanya Rp.1,6. Jika demikian tentu pelanggan tidak bisa membeli 1 liter saja karena tak ada uang rupiah senilai Rp.1,6. Wah murah sekali, ya !. (PDAM-TS)

Tidak ada komentar: